Tupoksi

TUPOKSI APARATUR PEMERINTAH DESA

Tugas Pokok dan Fungsi Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Sumedang telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

Pemerintah Desa Tolengas terdiri dari Kepala Desa dan Perangkat Desa. Adapun Tupoksi dari Aparatur Pemerintah Desa adalah sebagai berikut :

1. Tugas Pokok

Tugas Pokok Kepala Desa :
Menyelenggarakan urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Tugas Pokok Perangkat Desa :

a. Sekretaris Desa :

  • Melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan dan laporan ;
  • Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan serta mengawasi semua unsur kegiatan Sekretariat Desa ;
  • Mengadakan kegiatan inventarisasi (mencatat, mengawasi dan memelihara kekayaan desa) ;
  • Melaksanakan administrasi kependudukan, administrasi pembangunan, dan administrasi kemasyarakatan ;
  • Merumuskan program kegiatan Kepala Desa ;
  • Menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
  • Mengadakan dan melaksanakan persiapan rapat dan mencatat hasil – hasil rapat ;
  • Melaksanakan administrasi kepegawaian aparat desa ;
  • Memberikan saran dan pendapat kepada Kepala Desa ;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

b. Kepala Urusan Umum dan Pemerintahan :

Melakukan urusan ketatausahaan, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, menyusun rencana, mengevaluasi pelaksanaan dan menyusun laporan bidang pemerintahan serta melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh Kepala Desa.

c. Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan :

Menyusun rencana, pengendalian, mengevaluasi pelaksanaan serta menyusun laporan di bidang ekonomi dan pembangunan desa serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

d. Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat :

Menyusun rencana, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan serta menyusun laporan di bidang kesejahteraan rakyat serta melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Desa.

2. Fungsi

Untuk melaksanakan tugasnya, maka fungsi Kepala Desa adalah :

  • Pelaksanaan pembinaan masyarakat desa;
  • Pelaksanaan pembinaan perekonomian desa;
  • Pemeliharaan ketentraman dan ketertiban masyarakat desa;
  • Pelaksanaan musyawarah penyelesaian perselisihan masyarakat desa;
  • Penyusunan dan pengajuan rancangan peraturan desa, dan menetapkan sebagai peraturan desa bersama BPD.

Fungsi Perangkat Desa :

a. Sekretaris Desa :

  • Pelaksanaan administrasi bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  • Pelaksanaan surat menyurat, kearsipan dan laporan;
  • Pelaksanaan urusan keuangan;
  • Pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Desa apabila Kepala Desa berhalangan melaksanakan tugas;
  • Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan petugas teknik lapangan dan Kepala Dusun;
  • Pengkoordinasian tugas – tugas kepala urusan dan staf.

b. Kepala Urusan Umum dan Pemerintahan :

  • Penyusunan program serta penyelenggaraan ketatausahaan dan kersipan;
  • Penyusunan program serta melakukan urusan perlengkapan dan inventaris desa;
  • Penyusunan program dan urusan rumah tangga desa;
  • Penyusunan program dan rencana anggaran dan belanja desa;
  • Penyusunan rencana laporan keuangan pertanggungjawaban Kepala Desa;
  • Penyusunan pertanggungjawaban administrasi keuangan pemerintahan desa;
  • Penyusunan rencana penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemerintahan umum;
  • Penyusunan rencana dan pengumpulan bahan dalam rangka pembinaan wilayah dan masyarakat;
  • Penyusunan program dan pelayanan kepada masyarakat di bidang pemerintahan;
  • Penyusunan rencana dan melakukan pengadministrasian di bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban;
  • Penyusunan program dan pengadministrasian di bidang kependudukan dan catatan sipil serta administrasi pertanahan.

c. Kepala Urusan ekonomi dan Pembangunan :

  • Penyusunan program dan penyelenggaraan pembangunan di desa;
  • Penyusunan program dan melaksanakan bimbingan di bidang perekonomian, distribusi dan produksi;
  • Penyusunan program dan melakukan pelayanan kepada masyarakat di bidang perekonomian dan pembangunan;
  • Penyusunan program dan melakukan koordinasi pelaksanaan pembangunan serta menjaga dan memelihara prasarana dan sarana fisik lingkungan desa.

d. Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat :

  • Penyusunan Program dan melakukan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesejahteraan sosial;
  • Penyusunan program dan melakukan pembinaan dalam bidang keagamaan, keluarga berencana, kesehatan dan pendidikan masyarakat;
  • Penyusunan program dan membantu kegiatan zakat, infaq dan shodaqoh;
  • Penyusunan program dan pengumpulan bahan serta menyelenggarakan pengadministrasian di bidang kesejahteraan sosial.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: